Sunday, September 08, 2013

Hongkong Day 2 : Visiting Madame Tussaud and The Peak

Selepas berkunjung ke Ngong Ping di Lantau Island, itinerary kami selanjutnya adalah menghabiskan sore hingga larut di The Peak dan Madame Tussaud yang masih berada di Hongkong Island.

Dari MTR Tung Chung (line kuning) kami menuju MTR Central yang merupakan stasiun terakhir di line kuning. Kemudian dari line kuning berganti ke line biru dan menuju MTR Admiralty, tinggal berjalan sedikit untuk berganti line di stasiun yang sama.

Dari MTR Admiralty, keluar dari Exit C kemudian cari petunjuk jalan menuju HongKong Park. Dari Hongkong Park ikuti petunjuk yang terdapat di dalam taman untuk menuju Lower Peak Tram Terminus atau naik bus 15C dari halte yang terdapat di dekat taman. Kami memilih untuk berjalan memotong taman menuju terminal Peak Tram sambil menikmati suasana sore di Hongkong Park.

Setibanya di Lower Peak Tram Terminus, kami melihat antrian orang yang akan naik tram sudah meluber sampai di jalan. Maklum, hari itu bertepatan dengan malam minggu sehingga banyak orang yang ingin menghabiskan waktu di kafe yang banyak terdapat di The Peak

Apabila menggunakan Octopus Card, maka antrian untuk membeli tiket tram dapat di-skip. Cukup tap octopus card dan langsung mengantri di platform tram. Kalau ingin mengunjungi Madame Tussaud dan Sky Terrace sekaligus, disarankan untuk membeli tiket terusan sekaligus agar tidak perlu mengantri lagi. Kami membeli paket return peak tram + tiket Madame Tussaud + tiket Sky Terrace seharga 250 HKD. Tetapi apabila ingin kembali dari The Peak menggunakan bus, maka bisa juga hanya membeli paket dengan tiket single peak tram.

Peak Tram sendiri merupakan kereta kabel yang menghubungkan kawasan Hongkong dengan Peak Tower dengan lintasan miring hingga hampir 45 derajat. Sepanjang perjalanan menuju ke atas bukit, pemandangan pulau Hongkong dan Victoria Harbour dapat dinikmati dengan leluasa, apalagi saat malam hari lampu-lampunya begitu menawan.

The Peak Tower merupakan sebuah gedung berbentuk unik yang di dalamnya terdapat berbagai outlet untuk belanja, museum Madame Tussaud dan di lantai paling atas terdapat Sky Terrace yang mempunyai pemandangan spektakuler Hongkong Island dan Victoria Harbour.

Setibanya di The Peak Tower, kami memilih untuk menikmati Sky Terrace terlebih dahulu karena kami bermaksud ingin menikmati Symphoni of Light yang dimulai setiap pukul 20.00. Symphoni of Light sendiri merupakan pertunjukan laser dari gedung-gedung di Hongkong yang dapat dinikmati dengan leluasa dari Sky Terrace.

Tetapi apa daya, ketika memasuki area Sky Terrace, yang terlihat hanyalah lautan manusia berjubel. Padahal cuaca malam itu sangat dingin, tetapi orang-orang tetap berebut mengambil gambar di tepian Sky Terrace. Kami pun akhirnya berhasil berebut spot dan dapat berfoto berlatarkan Hongkong Island di malam hari.

Dari Sky Terrace, kami menuju ke museum Madame Tussaud. Berkebalikan dari Sky Terrace yang ramai, museum lumayan sepi sehingga kami leluasa berfoto dengan hampir setiap karakter yang terdapat di Madame Tussaud. Di bagian depan kami sudah disambut oleh patung lilin Jet Li, kemudian berturut-turut patung lilin Brangelina, Andi Lau, Michelle Yeoh hingga Robert Pattinson saling berjejer di pelataran depan.

Tidak ketinggalan pula patung lilin keluarga kerajaan Inggris, Lady Diana dan Barrack Obama juga mengisi Madame Tussaud Hongkong. Tokoh sejarah dan sains juga tidak ketinggalan, mulai dari Saddam Hussein hingga Einstein. Untuk berfoto dengan karakter patung lilin tidak dipungut biaya, kecuali apabila ingin membuat foto khusus yang dijadikan souvenir gelas atau gantungan kunci maka perlu membayar. Secara keseluruhan, kunjungan kami ke Madame Tussaud cukup memuaskan, sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Setelah puas mengunjungi Sky Terrace dan Madame Tussaud, kami kembali mengantri di platform untuk kembali ke Hongkong menggunakan tram. Ketika pulang, saya baru menyadari kalau tram bergerak mundur ke belakang, jadi seakan-akan kita ditarik turun ke bawah. Lumayan seram juga sih, apalagi kalau melihat ketinggian tram dari jendela.

Dari Lower Peak Tram Terminus, kami memilih naik bus 15C dengan atap terbuka dan duduk paling atas sehingga sambil berkeliling kami dapat menikmati pemandangan Hongkong di malam hari. Tujuan akhir dari bus ini adalah Hongkong Ferry Terminal. Kami memilih untuk turun di dekat MTR Central, kemudian mengambil line merah menuju ke Tsim Sha Tsui MTR stasiun yang terdekat dari hostel kami di Mirador.

Mila Said said...

Belom pernah ke madame tussaud *hiks

Gistanet kepanjen Malang said...

nice trip

Fadila Pratika said...

Hehe gw taon ini udah 2x, di hongkong & di bangkok,gitu2 aja isinya mil hehe

Makasih sdh mampir :)

frchan425 said...

mau nanya kak,klo kita mau pulang ikutin instruksi kakak ,supaya tau kita dekat MTR central itu,mreka ada sebutkan atau gk ? atau kita memang harus tau/hapalin dekat MTR central itu?thanks