Thursday, July 14, 2011

Ao Nang Day 2 : City Tour and Island Tour in Krabi

Hari kedua di Ao Nang saya habiskan dengan istirahat dan berjalan2 sembari menunggu teman seperjalanan saya yang akan menyusul langsung dari Singapura. Rencananya kami akan menggunakan 3 hari yang tersisa di Krabi untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata. Berhubung hotel tidak menyediakan breakfast, tiap pagi sudah menjadi rutinitas saya menyeberang ke 7 eleven untuk membeli sarapan berupa nasi goreng atau mie seharga 26 Baht dan segelas kopi hangat seharga 14 Baht. Cukup mahal untuk sebuah sarapan instan :(

Berhubung
budget dan waktu yang terbatas, saya pun harus menentukan tempat2 yang ingin saya kunjungi di Krabi. Phi Phi Island dan Maya Bay menjadi opsi wajib di antara pilihan lainnya, yaitu Pha Nga dan Tub Island. Maya Bay jelas menjadi destinasi utama. Saya penasaran ingin membuktikan keindahan alam yang menjadi lokasi utama film The Beach yang dibintangi Leonardo Di Caprio. Sedangkan Pha Nga merupakan lokasi salah satu film James Bond - The Man With The Golden Gun yang tayang sebelum saya lahir, jadi saya tidak terlalu penasaran. Namun, teman seperjalanan saya lebih antusias ke Pha Nga daripada ke Phi Phi yang ramai. Sedangkan Tub Island sendiri merupakan pilihan kami berdua untuk leha-leha menghabiskan sisa waktu. Pulau ini kabarnya memiliki pemandangan yang lebih indah dan lebih private daripada pulau lain yang turistik.

-Ao Nang Beach, Krabi-

Setelah menghitung2, ternyata budget yang harus dikeluarkan untuk ngeteng lebih mahal daripada ikut
tour. Karena beberapa lokasi tersebut cukup jauh dan membutuhkan lebih dari satu alat transportasi untuk mencapainya. Jadilah setelah hunting beberapa agen tour di sepanjang Ao Nang, pilihan kami jatuh pada Ao Nang Photo Travel Agent yang berlokasi di 205, Moo 2 Ao Nang, Muang District. Alasannya jelas, harga yang ditawarkan miring sekali dibandingkan agen lain.

Untuk ketiga lokasi yang ingin kami kunjungi, kami diberi tawaran 3 jenis tour. Yang pertama tentu saja tour Phi Phi Island seharga 900 Baht. Harga yang cukup masuk akal mengingat penawaran di brosur2 mulai dari 1200 Baht hingga 1800 Baht. Tour kedua adalah James Bond Tour ke Pha Nga seharga 800 Baht, dari harga semula 1000 Baht. Sedangkan untuk ke Tub Island, kami disarankan untuk mengambil
4 Islands Tour seharga 1200 baht, namun diskon sampai 800 Baht

-Maya Bay, Phi Phi Island-

Untuk Phi Phi Tour seharga 900 Baht, fasilitas yang ditawarkan yaitu : antar-jemput dari hotel, speed boat dari Ao Nang ke 3 destinasi pulau (Bamboo Island, Phi Phi Don Island dan Maya Bay),
snorkeling di 2 spot lengkap dengan alatnya, asuransi, guide, air mineral dingin unlimited dan makan siang prasmanan. Kalau budget terbatas, ada alternatif lain menuju Phi Phi Don yaitu dengan long tail boat, harga yang ditawarkan dari Ao Nang mulai 400 Baht one way atau 600 Baht return. Tapi waktu yang diperlukan 2x lebih lama dan trip ini bukan merupakan perjalanan ke beberapa tempat. Hanya menuju Phi Phi Don saja, dari pulau utama ini barulah kita bisa mencari-cari harga tour yang lebih murah.

-Long Tail Boat-

Untuk paket kedua, James Bond Tour seharga 800 Baht aktivitas yang ditawarkan jauh lebih beragam. Ada 2 macam aktivitas dengan harga berbeda yang bisa dipilih. Pertama
James Bond Sightseeing Program seharga 800 Baht dan Canoeing Program seharga 1000 Baht. Fasilitasnya meliputi : antar-jemput dari hotel, long tail boat ke Pha Nga, berkunjung ke Monkey Cave, makan siang dan berbelanja di floating village (muslim village) dan mengunjungi air terjun. Untuk yang mengambil Canoeing Program, akan ada tambahan berkano mengelilingi gua. Karena kami berdua orientasinya hunting foto dan khawatir kamera akan basah kalau ikut berkano, kami memilih paket Sightseeing saja.

-Pha Nga, The James Bond Island-
Sedangkan Paket 4 Island untuk ke Tub Island seharga 800 Baht tidak jadi kami ambil karena hari ketiga kami hendak overland ke Phuket. Sekedar informasi untuk paket ini, fasilitasnya antara lain : antar-jemput dari hotel, mengunjungi 4 pulau menggunakan speed boat (Tub Island, Chicken Island, Poda Island dan Phra Nang Cave), snorkeling lengkap dengan alat, asuransi, air mineral dingin unlimited dan makan siang prasmanan.

Ada 1 jenis paket wisata lagi yang populer dari Krabi, yaitu
Hong Island tour seharga 900 Baht dengan destinasi Hong Island, Lading Island (Paradise Island), Pakbia Island dan Rai Island. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berenang, snorkeling dan sightseeing. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan tour lainnya.

Beres dengan urusan tour, hari kedua kami hanya kuliner
touring dengan makan siang di Sofitel Hotel Krabi yang mewah dan indah (karena gak sanggup nginap di sana, numpang makan siang juga gak apa2, hihihi....) dan malamnya menikmati massage khas Thailand yang banyak terdapat di Ao Nang. Harga massage beragam, mulai dari 50 Baht sampai body massage 250 Baht. Kami beruntung karena setibanya di Phuket, harga hand massage-nya saja mencapai 150 Baht, apalagi body massage!

-Sofitel Hotel Krabi-

Hari kedua di Ao Nang begitu
relaxing dan menyenangkan. Kami pun bersiap menikmati petualangan hari berikutnya : Pha Nga and Phi Phi Island here we come.....:)

be continued to Pha Nga Province - The James Bond Island Tour

6 comments:

Mila Said said...

hebaaaat.... suka nih aku klo kyk gini. komplit bgt harga2 paket tur nya hihihii...

Menunggu postingan selanjutnya :p

greenfaj said...

nice trip nice pict *cembukor

Dila said...

@mbak mila : hihihi tp ini harga2 dr krabi loooh,kalau berangkat dr phuket harganya bisa lbh mahal 100-200 baht tergantung nawarnya...

@greenfaj : thank you bapaaaak....nanti libur lebaran sy pulang kita jalan2 yak,foto2 hihihihi...:)

Goiq said...

sllruuppp... mesti kesana tahun depan

asruldinazis said...

hehehe sudah ah membaca postingmu makin ngiler saja :D

eh itu paketnya sampai hapal bener ya. biasanya kan orang luar gampang diboongin, apa punya channel orang sana sampe dapat diskon gede gitu? :D

Dila said...

@Goiq : yes you should mas....worth to visit :)

@kak arul : hayuuuk kak arulll ditunggu kiprahnya traveling hihihi....dapat harga murah itu karena rajin nyusurin jalan nyari yang paling murah hehehehe,maklum bacpacker ga mau rugi :)