Friday, August 06, 2010

Backpacking in Singapore

Singapura (SG) termasuk salah satu negara yang cukup mahal untuk dikunjungi. Apalagi bagi seorang backpacker seperti saya. Tiket penerbangan dari dan menuju SG memang diobral murah meriah oleh beberapa maskapai, tetapi akomodasi dan wisata di negara ini jauh lebih mahal dibandingkan negara2 asia tenggara seperti Thailand atau Malaysia. Lonely Planet pun menyarankan untuk menyediakan dana paling tidak 25 USD/hari untuk bisa menikmati Singapura dengan murah meriah (bandingkan dengan Thailand 11 USD/hari, Malaysia dan Indonesia 15 USD/hari).

-Singapore Landmarks : Sky Pool & Merlion-

Belum lagi wisata belanjanya yang selalu menggoda, utamanya bagi orang Indonesia yang terkenal sebagai best shopper di luar negeri :) Namun, SG juga dapat dinikmati secara murah meriah. Berikut tips2nya :

1. Menginap di hotel/hostel yang berada dekat dengan stasiun MRT sehingga memudahkan akses ke mana2. Setiap kali ke SG saya selalu memilih menginap di
tourist area seperti : G4 Hostel yang terletak di daerah Mckanzie Road, akses MRT Little India (5 menit berjalan kaki) dan terdapat tempat makan halal di depannya yang buka 24 jam. Sedangkan di area Bugis, saya mengandalkan Bugis Backpackers Hostel dan ABC Hostel yang dapat diakses dari MRT Bugis dan 5 menit berjalan kaki untuk mencapai Bugis Junction-mal dan tempat makan. Ketiga tempat ini mematok tarif 18-40 SGD untuk dormy room, tergantung dari jenis dormy yang diinginkan (sekamar berempat, berenam atau bahkan berdelapan). Hotel di SG relatif mahal, mulai dari 80 -100 SGD/malam untuk berdua, sudah termasuk breakfast, saya merekomendasikan Hotel 81 Selegie yang terletak di Selegie Road-Little India.

-Dormy room 4 person G4 Hostel-

2. Memanfaatkan MRT dan bus untuk berkeliling SG. Untuk lebih hemat, kita dapat menggunakan EZ-Link. Kartu ini dapat dibeli di semua stasiun MRT seharga 15 SGD yang dapat digunakan untuk MRT dan bus. Biaya bus dan MRT akan terpotong secara langsung dari nilai kartu yang kita miliki dan dapat diisi ulang. MRT dan bus beroperasi dari pukul 6 pagi hingga tengah malam. Taksi juga dapat dimanfaatkan apabila jalan berombongan namun tarifnya agak mahal. Belum lagi pada lokasi dan jam tertentu di SG, nilai argo akan dikenakan
charge.

-MRT ChinaTown-

3. Makanan halal dapat dengan mudah ditemui di hampir semua pusat jajanan di SG. Namun, makanan di restaurant bisa lebih mahal daripada di pusat jajanan ataupun
fastfood. Harga fastfood untuk burger mulai dari 2 SGD, harga makanan utama seperti nasi biryani atau nasi lemak mulai 4 SGD. Untuk minuman, air mineral 600ml 1-1,5 SGD sedangkan kopi, teh atau softdrink mulai 2-4 SGD. Foodcourt favorit saya adalah Glutton's Bay di Marina dengan harga makanan mulai 3 SGD, belum lagi lokasinya yang berada di Esplanade. Tempat ini buka sore hingga malam hari. Kalau dana pas2an, bisa mengandalkan makanan/minuman dari gerai seven-eleven, seperti roti atau kopi.

4. Wisata belanja telah lama menjadi
trademark bagi SG. Daerah Orchard menjadi pilihan apabila ingin belanja heboh, tempat2 seperti Takashimaya, Somerset atau Lucky Plaza bisa menjadi pilihan pencinta barang2 bermerek asli. Di area Little India, Mustafa Centre adalah tempat populer untuk belanja karena tempat ini buka 24 jam dan menjual berbagai macam barang. Sedangkan di area ChinaTown, pusat perbelanjaan ChinaTown Point yang populer dengan harga2nya yang miring. Namun, tempat favorit saya di Bugis Street dimana terdapat 600 gerai perbelanjaan yang murah meriah, cocok untuk mencari oleh2. Di tempat ini banyak dibandrol barang per-10 SGD, misalnya gantungan kunci 10 SGD/18 buah, baju kaos khas SG 10 SGD/2-4 buah tergantung kualitasnya. Hampir semua barang di tempat ini murah meriah, namun tetap harus piawai tawar-menawar.

-Bugis Street-

5. Berwisata di SG cukup menguras kantong, wisata budaya di museum
fee-nya mulai 8 SGD u/dewasa, Singapore Zoo 16,50 SGD, Jurong Bird Park 18 SGD sedangkan Singapore Botanic Garden free. Berkunjung ke Sentosa pun bisa menjadi pilihan. Dari Harbour Front (diakses dengan MRT Harbour Front), naik shuttle bus seharga 3 SGD pulang-pergi termasuk tiket masuk. Dengan shuttle ini, paling tidak kita bisa menikmati Siloso Beach, dan Palawan Beach dengan gratis, namun untuk menikmati atraksi lain seperti Song of The Sea (10 SGD/orang) atau Universal Studio Singapore (one day pass : 70 SGD/dewasa, 50 SGD/anak) , kita tetap perlu merogoh kocek lagi.

-Palawan Beach Sentosa-

So, happy enjoy Singapore cheaply...(^^,)v

7 comments:

Mila Said said...

pertamax!

pengen ke s'pore lg... pengen liat universal studio hihihihiii

greenfaj said...

tawwa..jalan2 terus....asyiknya :D

Dila said...

@mbak Mila : huhuhu diriku juga udah nyampe Sentosa kemarin tp blum sempat ke Universal Studio :(
@Fhajrin : hihihi ndakji kodong...:)

anak desa in Binus said...

singapore botanic?
It's free!

Retrira said...

eh, check blog aku deh! sapa tau kamu berminat menulis soal pengalaman tinggal di jakarta :)

Dila said...

@mbak Retri : siiiip mbak :) ini lagi nyusun2 mudah2an layak ikut dimasukin di buku mbak retri berikutnya :) terima kasih....

nining handayanis said...

wah nice info
halal murah, klop tenan
thanks sob infonya...