Sunday, July 28, 2013

Disneyland Hongkong : It's A Dream Come True!

Awan gelap menggayuti Hongkong pagi itu. Bulir-bulir hujan sisa semalam pun masih menempel di jendela kamar kami yang berembun. Tetapi semua itu tidak menahan langkah kami untuk mengunjungi Disneyland, destinasi impian yang menjadi salah satu motivasi saya mengunjungi Hongkong.

Sekitar pukul 10.00 pagi, kami sudah mengayunkan langkah menuju MTR Tsim Sha Tsui. Hal pertama yang kami lakukan adalah membeli Octopus Card agar lebih memudahkan kami untuk melakukan perjalanan menggunakan MTR dan bus di Hongkong. Tujuan awal membeli Octopus Card sebenarnya hanya untuk moda transportasi, tetapi pada kenyataannya Octopus berfungsi lebih dari sekedar itu karena kami bisa menggunakan Octopus untuk berbelanja di Seven-Eleven atau bahkan untuk membayar makanan di KFC! Octopus is a real beyond expectations

Back to Disneyland, sebenarnya ada rute langsung untuk mencapai stasiun MTR Sunny Bay yang menjadi stasiun transit ke Disneyland, yaitu dari MTR Tsim Sha Tsui (line merah) menuju MTR Lai King, lalu berganti line kuning arah Tung Chung. Stasiun MTR Sunny Bay terletak satu stasiun sebelum stasiun Tung Chung. Tetapi pagi itu kami ingin berjalan-jalan sedikit mengitari stasiun dan memilih berangkat dari MTR East Tsim Sha Tsui (line ungu) menuju MTR Nam Cheong lalu berganti line kuning menuju Sunny Bay.

Dari MTR Sunny Bay, kita hanya tinggal menunggu kereta khusus Disneyland. Kereta ini sangat mudah dikenali karena jendelanya berbentuk kepala Mickey Mouse, interiornya khusus karena memajang patung-patung tokoh Disney dan gantungan tangannya juga berbentuk kepala Mickey
- MTR Disneyland -
Langit masih mendung ketika kami tiba di Disneyland, padahal waktu sudah menjelang siang. Tanpa antrian yang cukup berarti, kami membeli tiket seharga 450 HKD dan langsung diperkenankan untuk masuk. Makanan dan air minum yang kami bawa pun tidak dipermasalahkan, boleh dibawa masuk. Lumayan, bisa mengirit budget, mengingat harga jajanan di Disneyland cukup menguras kantong.

Disneyland Hongkong terbagi menjadi enam tema area, yaitu : Main Street USA, Toy Story Land, Grizzly Gulch, Adventureland, Fantasyland dan Tomorrowland. Disneyland Hongkong sendiri merupakan Disneyland paling kecil di dunia, namun sebegitu saja tidak cukup sehari kami menjelajahinya. Banyak wahana yang tidak sempat kami mainkan, selain terhalang waktu, kami juga terhalang antrian panjang dan gerimis kecil berkepanjangan yang mengakibatkan beberapa wahana outdoor ditutup.
Langkah pertama kami di Disneyland langsung disambut taman berbentuk kepala Mickey Mouse yang terletak langsung di depan Hongkong Disneyland Railroad, saya pun tidak melewatkan kesempatan berfoto ria dia depan ikon ini, mumpung masih sepi :) Kami kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri Main Street USA yang di kanan-kirinya terdapat berbagai macam toko souvenir, mulai dari baju kaos, gantungan kunci hingga high class souvenir seperti perhiasan dan kristal berbentuk tokoh Disney. Namun, acara belanja kami skip dulu setelah bermain di wahana.
Wahana pertama yang kami datangi adalah Mickey's PhilharMagic yang terletak di Fantasyland, berupa atraksi 3D Mickey Mouse, Donald Duck dan kawan-kawan. Sengaja kami memilih kegiatan indoor terlebih dahulu karena hujan masih setia mengguyur Disneyland siang itu. Setelah hujan agak reda, kami memilih ke area paling belakang terlebih dahulu, yaitu Toy Story Land. Hanya terdapat empat atraksi di tempat ini, diantaranya : Toy Soldier Parachute Drop, Slinky Dog Spin, RC Racer dan Barrel of Fun, keempatnya berupa wahana outdoor dan full antrian! Jadilah kami skip bermain di wahana Toy Story, namun kami tidak kecewa karena bisa puas berfoto dengan Andy dan Toy Box-nya.
- Toy Story Land -
Selanjutnya kami beranjak ke Adventureland dan excited mengantri di wahana Jungle River Cruise. Sesuai dengan namanya, di wahana ini kami diajak oleh pemandu untuk berkeliling hutan dan bertemu binatang tiruan yang sangat mirip aslinya. Saking miripnya saya sampai ketipu dan mengajak main seekor anak gajah lucu yang ternyata hanya robot :(
- Jungle River Cruise -
Kemudian kami naik kereta dari Fantasyland Rail Station, yang akan membawa kami berkeliling Disneyland. Kereta akan berhenti di Fantasyland Rail Station dan Hongkong Disneyland Rail Station persis di belakang taman berbentuk kepala Mickey Mouse. Jadi kalau merasa capek untuk jalan kembali ke depan, bisa menggunakan kereta ini.
Karena kami berempat termasuk orang yang agak penakut, jadi wahana yang kami mainkan kebanyakan ringan,  fun dan tidak memacu adrenalin :) Wahana paling ekstrim yang kami coba hanyalah Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars yang cukup membuat perut saya terkocok dan berteriak sepanjang atraksi. Untuk yang senang dengan tantangan, wahana double rail ini totally recommended.

Baru memainkan beberapa wahana, kami berempat sudah tepar. Jadilah sisa waktu kami gunakan untuk   mengantri foto dengan tokoh Disney di Fantasy Garden, bermain bersama Pooh di The Adventures of Winnie The Pooh, selebihnya diisi dengan foto-foto, foto-foto dan foto-foto :)
Sambil menunggu Star Firework, kami menyempatkan untuk makan dan belanja souvenir. Makanan di Disney Park agak mahal, misalnya jagung rebus bertangkai 25 HKD, satu tusuk bakso ikan isi tiga 30 HKD dan minuman mulai 25 HKD. Sedangkan untuk souvenir : gantungan kunci dan tempelan kulkas dibandrol  30-40 HKD/pcs, baju kaos biasa bergambar tokoh Disney 180 HKD, gelas 80 HKD, baju kaos perempuan dengan glitter mulai 215 HKD. Kalau budget terbatas namun tetap ingin membawa pulang souvenir Disney, bisa membeli koin bergambar tokoh-tokoh Disney sesuai pilihan seharga 10 HKD saja!
- Magical Coin Press Machine -
Koin ini bisa dibeli menggunakan uang koin 10 HKD atau dengan Octopus Card di Magical Coin Press Machine yang terdapat di hampir semua area Disney Park.
- Star Fireworks -
And Finally, kegembiraan kami sepanjang hari di Disneyland ditutup dengan pertunjukan fireworks yang diiringi soundtrack film-film Disney. Saking kerennya, saya sampai terharu dan ikut bersenandung sepanjang pertunjukan. The whole day is super awesome, thank you Disneyland Hongkong!

Mila Said said...

Seru ya Disneyland.. pengen lagiii

Fadila Pratika said...

Iya pengen lagi, kmrn seharian ngga puas, waktunya ngga cukup :)

Cipu Suaib Wittoeng said...

Iyo tawwa nah, pergi tawwa ke hong kong.... Ke disneyland pulak. Saya boro2 disneyland, ke Trans Makassar saja belom pernah