Wednesday, August 19, 2009

Accomodation Around Kuta Beach

Ide travelling around and alone selalu jadi impian saya sejak lama. Ketika kemudian saya berkesempatan hijrah ke Malang, saya mewujudkan impian itu setiap kali ada kesempatan. Travelling dari satu kota ke kota lainnya sendiri dan bermodal numpang tidur di kostan teman. Biayanya cukup ekonomis karena saya kebanyakan menggunakan jasa kereta api yang hemat dan bisa menjangkau berbagai kota di pulau Jawa.

Kali ini, saya memberanikan diri menyebrang pulau ke Bali, yang jaman dahulu belum berani saya lirik untuk travelling sendiri. Saya pernah ke sana, tetapi dengan keluarga. Alasannya jelas, Bali terkenal sebagai daerah wisata yang bebas secara pergaulan, mahal dan tidak cukup aman untuk dikunjungi sendiri.

Tetapi ternyata Bali berbeda dengan yang dahulu dikenal. Bali sangat cocok untuk para backpackers karena penginapannya keren-keren dan murah meriah. Tiket pesawat pun cukup terjangkau karena banyak penerbangan dari Jakarta ke Bali sehingga saya memiliki banyak pilihan harga dan waktu terbang.

Selama di Bali, saya berpindah penginapan sampai 2 kali, karena banyaknya pilihan. Padahal saat itu sedang High season. Penginapan pertama, Ayu Beach Inn yang berlokasi di Poppies 1 saya temukan melalui referansi buku ini :

Buku ini banyak membantu, walaupun sebagian besar penginapan yang tercantum di dalamnya merupakan penginapan backpackers yang tidak bisa di-booking, first come first serve. Namun, paling tidak saya sudah bisa memperkirakan biaya akomodasi.

Setelah 3 hari bercokol di Poppies, saya pindah ke penginapan yang lebih bagus di daerah jalan raya kuta. Hotel Puri Asih dengan rate 400rb/night yang saya share berdua, jatuhnya lebih murah daripada Ayu Beach Inn yang mematok harga 300rb/night dengan fasilitas yang serba nge-pas.

Ayu Beach Inn berlokasi di Poppies 1, hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Kuta. Poppies 1 merupakan lokasi yang sangat bagus karena dekat dari McD, banyak warnet dan mini-market bertebaran. Penginapan ini memiliki rate 300rb/night (saat high season) dengan fasilitas breakfast (roti+telur dengan teh atau kopi), AC, kamar mandi dalam dengan shower air panas-dingin, kulkas dan televisi. Namun, saya sedikit kecewa dengan kondisi kamar dan kamar mandi yang tidak terlalu bersih dan televisi yang tidak bisa digunakan (karena antena-nya tidak berfungsi). Belum lagi suara berisik dari tamu2 hotel (yang sebagian besar orang asing a.k.a bule) yang hobi berpesta sampai larut di kolam renang atau di teras kamar.

Ayu Beach Inn

Hingga pernah suatu pagi ketika saya berenang di kolam renang hotel (tempat ini memiliki 2 kolam renang yang bersih dengan air penyemprot yang bisa dipakai untuk memijat), saya mendapati 2 orang bule masih tertidur di kursi pantai yang terletak di samping kolam renang.

double room-Hotel Puri Asih

Sedangkan Hotel Puri Asih saya dapatkan setelah sekitar 2 jam-an jalan kaki berkeliling dari poppies 1, poppies 2 hingga tembus ke jalan raya kuta. Hotel ini highly recommended. Selain kamar dan kamar mandinya bersih, breakfast-nya pun enak dan bervariasi. Hotel ini memiliki sebuah kolam renang besar dan bersih. Fasilitas kamarnya antara lain : AC, tv-kabel, kulkas dan kamar mandi dengan shower air panas-dingin. Apalagi saya memperoleh kamar tepat di depan kolam renang. Secara lokasi, hotel ini dekat dengan Kuta Square. Jadi, kalau di Poppies saya mengandalkan McD sebagai makanan pokok yang halal (he9x….), di Puri Asih saya mengandalkan KFC yang terletak di Kuta Square.

view from my room@Hotel Puri Asih

Selain kedua penginapan di atas, saya sempat juga berkeliling ke beberapa penginapan menengah yang tampilannya bersih dan mewah, tetapi harganya murah meriah (bahkan tidak men-charge saat High season) dan dapat di-booking melalui telepon. Rate-nya berkisar 250rb-600rb/night, maka lebih murah apabila di-share ramai2 karena kebanyakan hotel di Bali tidak melarang kamar di-share melebihi kapasitas he9x…. Berikut ini bisa dicoba :

1. Hotel Puri Asih (Jalan Raya Kuta) : 0361-755330

2. La Walon (Poppies 1) : 0361-757234/765896

3. Fat Yogi (Poppies 1) : 0361-751665

4. Masa Inn (Poppies 1) : 0361-758507

5. Satriya Cottages (Poppies 2) : 0361-758331

6. BaliSandy Cottages (Poppies 2) : 0361-753344

Rate hotel-hotel tersebut memang lebih sedikit mahal daripada penginapan backpackers yang banyak bertebaran di Bali dengan rate yang lebih murah. Tetapi penginapan backpackers tersebut kebanyakan smells bad dan tidak bersih. But, you can share, buddies! It suits for family, those six places is worth. You won’t regret it! Happy holiday!

4 comments:

josef said...

Thanks banget buat infonya, Dila...

Budi said...

Saya baru saja telpon, tapi sama sekali gak ramah.....
Untuk Booking saja sulit sekali!!!

Budi said...

Mau booking aja susah sekali!!!!
Saya baru saja telpon dan tidak ramah sama sekali, pertama kali kesitu aja enak, tp mau booking aja terlalu banyak birokrasi, suruh bikin proposal lah... fax lah....
mentang" udah laku ya???

Dila said...

dear pak Budi, berhubung sy mencantumkan beberapa nomor kontak hotel di postingan saya,jd saya tidak tahu tepatnya hotel mana yg anda hubungi.
Saya hanya menuliskan kesan terhadap hotel yg pernah sy singgahi & nomor kontaknya.Kalau ada hal2 yg tidak menyenangkan berkenaan dengan pelayanan hotel tersebut,hal itu di luar tanggung jawab saya.thanks.

regards,
dila