Friday, March 25, 2011

Fine Days in Fine City - Singapore (Part 1)

Memulai perjalanan dari Singapura selalu menjadi ritual bagi saya. Negara kecil ini bagaikan pintu gerbang besar ke berbagai negara, baik melalui jalan darat maupun jalur udara. Bersama ketiga sahabat : Indy, Hanie & Rusty yang notabene merupakan senior sejawat Apoteker, saya mulai mempersiapkan itinerary dan budget untuk perjalanan selama 4 hari untuk mereka, dan 8 hari untuk saya sendiri. Rencananya kami akan berpisah di Malaysia, sementara mereka kembali ke Jakarta via Singapura dan saya meneruskan perjalanan ke Thailand lalu kembali ke Jakarta via Phuket.

Saya beruntung berhasil memperoleh tiket Jakarta-Singapura dan Phuket-Jakarta seharga total 922rb masing2 dengan bagasi 15kg. Menurut saya sangat murah untuk tiket yang dibeli hanya sebulan sebelum keberangkatan :)

-Fine City, Singapore-

Jadilah setelah sukses mendarat di Changi terminal 1
, kami bergegas menuju terminal 3 untuk menggunakan moda MRT menuju destinasi pertama ; Harbourfront, berencana untuk makan siang dan mencari money changer di Vivo City. Setelah itu menuju Telok Blangah Height laporan ke aunti-nya Indy, baru kemudian ke hostel di daerah Selegie Road.

Biaya pertama yang kami keluarkan sejumlah 3,2 SGD/orang untuk MRT dari Changi ke Harbourfront, sudah termasuk deposit 1 SGD yang akan dikembalikan kalau tiket ditukarkan lagi. Bandingkan apabila menggunakan taksi yang bisa mencapai 30 SGD. Jadi total yang dikeluarkan hanya 8,8 SGD untuk berempat :) super irit hihihi...

Setibanya di Harbourfront, kami menuju
foodcourt Vivo City yang terletak di basement, berdekatan dengan Giant. Lupaaa namanya, tp makanannya bener2 enak, halal & murah meriah untuk ukuran makan di Mal. Jadi foodcourt itu terbagi dua, sebelah kanan counter makanan halal (kebanyakan makanan india, ada juga masakan padangnya sih) dan sebelah kirinya khusus makanan non halal (makanan cina gitu). Habis2nya sama minum sih sekitar 5 SGD-lah.

Lanjut, abis itu kita ke Telok Blangah Height, naik taksi cuma habis 5 SGD. Bandingkan kalau naik bus yang seorang bisa 1-1,5 SGD hihihihi hitung2an banget, ngirit abis deh :) Nah, dari Telok Blangah Height ini barulah kita naik bus ke MRT Outram, berhubung blom beli EZ Link card jadi naik bus cuma modal cemplungin recehan 1 SGD ajaah. Barulah di Outram MRT ini kita akhirnya masing2 beli EZ Link Card karena udah bosan nyari recehan sen tiap kali mo beli tiket hehehe.... Harga EZ Link Card 12 SGD, udah termasuk isinya 7 SGD yang bisa dipake untuk naik bus & MRT and 5 SGD unrefundable. Card ini berlaku 5 tahun & bisa diisi ulang (kayak pulsa gitu minimal isi ulang 10 SGD). Trus nilai kartu diusahakan tidak kurang dari 3 SGD. Kartu ini bisa dibeli dan diisi ulang di loket semua stasiun MRT.

-G4 Station Hostel-

Okeeee.....dari Outram kami menuju MRT Little India, jalan kaki 2 menit, tibalah di hostel langganan tercinta : G4 Station di
Mackanzie Road. Rencana awal cuma mau stay di dormy-8 yang harga semalamnya 28 SGD, tapi pikir2 biar enak & leluasa berempat aja (apalagi untuk indy & hanie yang berjilbab), jadinya kita ambil dormy-4 yang harganya 33 SGD/orang.

-Singapore River-

Sorenya, sesuai
itinerary kami naik MRT dari Little India ke Raffles, tujuan utama sih hunting foto ajaa. Sayangnya, waktu itu Singapura lagi hujan lumayan gede.

-Indochine Singapore-

Rencana hunting dari skypark di Marina Bay Sands (MBS) pun tertunda lagi. Jadilah rute hunting kami hanya Fullerton Hotel dan sekitar Singapore River ajaa, termasuk narsis2 di depan IndoChine hehehehe :) Tidak lupa foto2 di MBS & Merlion yang jadi trademark Singapura. Tapiiii....sayang sekali sodara2, si Merlion lagi renovasi & sekelilingnya ditutupin tripleks semua jadi ga bisa narsis2an deh hihihi..

-The Fullerton Hotel-

Malamnya, jalan kaki ke Esplanade & tak lupa dinner di Glutton's Bay yang berlokasi tepat di belakang Esplanade, tempat ini berupa open air foodcourt dengan gerai2 yang menyediakan berbagai makanan & minuman. Harganya lumayanlah, untuk dinner lengkap dengan minum abis2 8-10 SGD.

-inside Esplanade-

Di sini juga skalian janjian ketemu adik kelas - Ali Akbar -yang lagi studi di NTU, skalian bawain oleh2 khas indo ; mulai dari abon ikan sampai minyak gosok dari Makassar. Malam ditutup dengan foto2 narsis di dalam & depan Esplanade sebelum kami buru2 ngacir untuk mengejar MRT terakhir pk.23.00. Nyampai hostel pas jam 24.00 masih singgah lagi di Seven Eleven Selegie Road beli 2 liter air mineral diskon seharga 2,5 SGD, hehehe....:)

be continued to : The Journey - Singapore to Penang (Georgetown)

Daeng Ipul said...

Halo..salam kenal :)
ternyata anak Anging Mammiri juga ya..
salam kenal yaaa

Fadila Pratika said...

Hi daeng gassing,salam kenal juga...:)