Saturday, May 15, 2010

10 Places to Go in Ho Chi Minh City


Ho Chi Minh City (HCMC) atau Saigon merupakan kota di bagian selatan Vietnam yang kerap menjadi gerbang masuk ke Asia Tenggara. Berikut 10 tempat yang wajib diketahui traveler yang ingin berkunjung ke Saigon secara backpacking :

1. Phạm Ngũ Lão, merupakan nama salah satu jalan di Distrik 1 Ho Chi Minh City yang terkenal sebagai tourist area, utamanya untuk para backpackers. Lokasi ini dikelilingi oleh hostel, hotel, travel agent, cafe dan bar selayaknya kawasan Kuta Bali. Di sepanjang badan jalan yang lapang, terparkir bus-bus pariwisata ke berbagai tujuan. Penjual souvenir dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang trotoar. Lokasi ini juga dekat dengan beberapa objek wisata terkenal di HCMC.

2. Tran Nguyen Han Statue, patung berkuda Jenderal Tran Nguyen Han yang terletak di tengah taman berbentuk lingkaran di persimpangan jalan utama di Distrik 1 : Le Loi Street, Ham Nghi Street, Tran Hung Dao Street dan Le Lai Street. Tempat ini merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati HCMC pada malam hari dari beberapa arah, dapat dicapai dengan lima menit berjalan kaki dari
Phạm Ngũ Lão.

-Tran Nguyen Han Statue-

3. People Committee Hall (City Hall), bangunan peninggalan kolonial Perancis yang terletak di ujung jalan Le Loi Street. Bangunan ini sangat mempesona di malam hari karena keindahan lampunya. Sayangnya City Hall yang dulunya merupakan Hotel De Ville De Saigon ini tidak dibuka untuk umum.

-City Hall-

4. Statue of Uncle Ho, merupakan patung Presiden Republik Demokrasi Vietnam, Uncle Ho Chi Minh. Terletak tepat di depan City Hall.

5. War Remnant Museum, museum ini memvisualisasikan Perang Vietnam (1945-1975) melalui foto-foto dan benda-benda peninggalan perang yang dipamerkan di dalam bangunan maupun di halaman museum. Di halaman museum terparkir tank M48 dan pesawat tempur dengan senjata otomatis milik USA. Open Hours : everyday 7.30 am - 5 pm. Admission fee : 15000 VND (7500 IDR).

-War Remnant Museum-

6. Reunification Palace (Independence Palace), merupakan bekas kediaman presiden yang menjadi tonggak sejarah berakhirnya Perang Vietnam pada tahun 1975. Open Hours : everyday 7.30 am - 4 pm. Admission fee : 15000 VND (7500 IDR).

7. Cathedral Notre-Dame, terletak di pusat kota HCMC. Bangunan ini merupakan peninggalan kolonial Perancis yang bergaya Romawi khas berbata merah. Tepat di depannya terdapat Virgin Mary Statue. Open Hours : Sunday 9.30 am.

-Cathedral Notre Dame & Virgin Mary Statue-

8. Central Post Office, letaknya bersebelahan dengan Cathedral Notre-Dame. Masih menjalankan fungsinya sebagai kantor pos terbesar dan tertua di HCMC. Bangunannya khas arsitektur eropa.

-Central Post Office-

9. Ben Thanh Market,
merupakan pasar tradisional yang terbesar di HCMC. Terletak berseberangan dengan Phạm Ngũ Lão, pasar ini menjual berbagai macam barang mulai dari bahan pangan, kain, pernak-pernik, souvenir khas HCMC sampai makanan khas Vietnam bisa dinikmati di sini.

10. Saigon River, terletak sedikit jauh dari pusat kota HCMC, namun layak untuk dikunjungi. Pada pagi hari terdapat perahu-perahu yang disewakan untuk menyusuri tepian sungai. Dapat sambil menikmati air kelapa dan berbelanja di pasar terapung.

Happy enjoy visiting Ho Chi Minh City.....(^^,)v

No comments: