Friday, November 12, 2010

10 Food You Should Eat in Makassar


Culinary in Makassar probably one of the best in East Indonesia. Cita rasa dan keragaman jenis kuliner kota Daeng, akan membuat wisatawan yang berkunjung enggan beranjak sebelum lidah berhenti mengecap. Dari sekian banyak pilihan, berikut 10 jenis makanan yang menurut saya layak anda nikmati di Makassar :

1. Coto Makassar, jangan berani mengaku pernah mengunjungi Kota Daeng kalau anda belum pernah mencicipi makanan khas yang satu ini. Coto Makassar berupa sop berkuah berisi potongan2 daging sapi, usus, hati atau otak yang diramu bersama bumbu sereh, laos, ketumbar dan kacang tanah goreng yang dihaluskan. Coto biasa dinikmati bersama ketupat.
Sajian Coto terdapat hampir di setiap sudut kota Makassar, mulai dari kedai kaki lima hingga restoran ternama. Namun, yang terkenal menggoyang lidah di antaranya : Coto Daeng, Coto Gagak dan Coto Nusantara. Harga Coto berkisar 9.000 - 12.000 IDR/mangkuk.

2. Pallu Basa, hampir serupa dengan coto, masakan ini berupa potongan daging atau jeroannya dengan kuah. Yang membedakan dengan coto adalah kuahnya. Kalau kuah coto terbuat dari kacang tanah goreng yang dihaluskan, maka kuah Pallu Basa terbuat dari kelapa tua parut yang telah disangrai. Biasa disajikan bersama ketupat atau burasa (lontong khas Makassar, berbentuk segi empat). Pallu Basa yang populer yaitu Pallu Basa Onta (buka malam hari, di Jalan Onta) atau Pallu Basa Serigala (buka siang hari, di Jalan Serigala). Harga Pallu basa + nasi + telur bebek :18.500 IDR

3. Sop Konro, biasa populer sebagai Sop Iga. Namun, Makassar menyajikannya dengan cita rasa yang berbeda. Potongan tulang rusuk sapi/kerbau dibakar atau direbus kemudian disajikan bersama kuah berisi campuran bumbu jinten, sereh dan ketumbar yang khas.
Potongannya pun cukup luar biasa untuk dinikmati satu orang. Maklumlah, masakan Makassar biasa disajikan dalam porsi besar untuk satu orang. Rekomendasi saya adalah Sop Konro Karebosi dengan harga 35.000 IDR.

4. Pallu Mara. Hidangan makanan berkuah dengan potongan daging atau ikan memang sangat populer di Makassar. Pallu Mara salah satunya, hidangan sop ikan berbumbu kuning dengan rasa asam. Biasa disajikan sebagai makanan rumahan, namun sekarang populer disajikan di rumah makan. Berupa potongan2 ikan yang dimasak dalam kuah kunyit dan gula merah. Biasa disajikan dengan potongan belimbing dan cabe, disantap dengan nasi putih hangat. Rekomendasi saya di RM. Ulu Juku (23.000 IDR) dan Warung Pallumara, Jl. Mappanyukki (13.000 - 15.000 IDR).

5. Mie Titi, sajian berupa mi kering yang disiram kuah kental berisi daging, udang, hati dan sayuran merupakan kuliner yang populer baik untuk warga Makassar sendiri.
Saking larisnya, kedai mie yang berpusat di Jalan Irian ini memiliki cabang dimana-mana. Pembeli sampai rela antri berdiri untuk bisa menikmati kelezatannya. Buka mulai sore hingga malam hari, harga 15.000 - 20.000 IDR tergantung porsi.

6. Pisang Epe', berupa pisang kepok mengkal yang dipipihkan kemudian dibakar. Disajikan dengan gula merah kental yang telah dicampur durian atau nangka sehingga memberikan rasa dan aroma yang khas.
Pisang Epe' dapat dengan mudah ditemui di sepanjang Pantai Losari mulai sore hingga malam hari. Harga : 7.000 IDR/porsi.

7. Es Pisang Ijo & Es Palubutung, kedua makanan ini terbuat dari pisang, disajikan dengan kuah bubur sum2, es serut dan sirup merah khas Makassar (sirup DHT). Es pisang hijau berupa pisang raja yang telah direbus dan dibalut dengan campuran tepung terigu, santan dan daun pandan sehingga pisang berwarna hijau.
Sedangkan pada es palubutung, pisang yang digunakan hanya direbus dan dipotong kotak kemudian disajikan dengan kuah sum2. Untuk menikmatinya tidak perlu tempat khusus, terdapat hampir di semua rumah makan di Makassar. Harga : 7.000 - 10.000 IDR tergantung porsi.

8. Nyok-Nyang atau biasa dikenal sebagai bakso, disajikan secara berbeda di Makassar. Kalau biasanya bakso yang kita kenal berbentuk bundar, namun di Makassar terdapat pula bakso berbentuk kotak, bakso kasar, bakso halus lengkap dengan pangsit gorengnya!
Porsinya pun lumayan besar dan biasa dinikmati dengan burasa. Rekomendasi saya adalah Bakso Ati Raja, dan Bakso Kartika. Harga : 8.000 - 12.000 IDR.

9. Jalangkote, Lumpia dan Bikang Doang, kedua makanan ini populer dijadikan oleh2 khas Makassar. Jalangkote adalah pastel berisi potongan telur, wortel, kentang yang sarat isi dibuktikan dengan bentuknya yang lebih gendut dibandingkan pastel yang biasa saya temukan di Jakarta :) Sedangkan lumpianya pun standar berisi potongan rebung, tapi sambal cocolannya mantap. Bikang doang (udang) berupa gorengan dengan udang yang mirip bakwan. Rekomendasi saya Jalangkote Lasinrang dan Kios Muda-Mudi. Harga : 4.000 IDR (Jalangkote/Bikang)/buah dan 5.000 (lumpia)/buah.

10. Otak-Otak, makanan ini merupakan oleh2 khas yang biasa dibawa pelancong asal Jakarta. Jangan salah paham dengan namanya, karena makanan ini tidak terbuat dari otak. Makanan yang biasanya merupakan dijadikan hidangan pembuka ini berupa olahan ikan dengan bumbu2 yang dibungkus daun pisang dan dibakar lalu disajikan bersama cocolan saus kacang. Rekomendasi saya Otak-Otak RM. Lae-Lae di Jl.Datumuseng. Harga : 4.000 IDR/buah.


Happy Culinary and Happy Traveling
-Visit South Sulawesi 2011-

3 comments:

Mila Said said...

Aku dah makan semua dan aku sukaaaaa semua. Msh ada sop sodara trus sea food nya,,,, huhuhuuu,,, jd ngacai, disana murah bgt.
Jd pengen mie titi anto,,, enyaaaak,,

sizzy said...

wow, thanks for sharing.
im going to Makassar this October, hope i could taste all these food ;)
esp the seafood, im so scared to eat seafood here in Jakarta.

cheers,
sisca

Dila said...

@mbak mila : ayuuuuk kuliner lagi di RM Pelangi nyoook atau Daeng Naba skalian :)

@Sizzy : Great, seafood here is very delicious and cheap!you should try.
Happy enjoy Makassar